Definisi Hipnotis

Share:



Definisi Hipnotis - Saat ini banyak sekali berbagai tayangan yang sering kita saksikan tentang pertunjukan Hipnotis yang sangat menghibur dan sangat ajaib, dimana seolah-olah si pengHipnotis memiliki kemampuan yang sangat ajaib sehingga mampu mempengaruhi dan menidurkan banyak orang hanya dengan jetikan jari, dsb. Bahkan juga banyak diantara kita yang melihat tentang keajaiban dari ilmu Hipnotis, dimana dengan metode hipnotis berbagai kasus / masalah yang berkaitan dengan mental dan psikologis dapat diatasinya atau yang disebut dengan istilah Hipnoterapi, contohnya dalam menghilangkan kebiasaan buruk seperti merokok, miras, narkoba, mengurangi stres yang berlebihan, mampu menangani depresi, trauma, citra diri yang buruk, dsb. Juga ada yang memanfaatkan metode hipnotis ini untuk masalah khitan dan pencabutan gigi tanpa obat bius (anestasi mental) dan sejenisnya.

Baca Juga




Masih banyak lagi hal-hal yang sering membuat Kita kagum dan penasaran dengan apa itu Hipnotis dan berbagai manfaat yang dihasilkannya. Mungkin sebagai orang awam beranggapan apakah Hipnotis itu menggunakan dan berkaitan dengan unsur magis maupun klenik, dsb.

Yang perlu Anda ketahui tentang apa itu HIPNOTIS



Kata HIPNOTIS atau HIPNOSIS diambil dari istilah bahasa Yunani, yaitu HIPNOS yang maksudnya adalah nama dari DEWA TIDUR. Meskipun Hipnotis selalu berkaitan dengan efek yang menyerupai tidur, namun kondisi terhipnotis adalah sebuah kondisi dan gejala yang sangat alami dan bukan kondisi tidur pada umumnya. Hipnotis sebenarnya merupakan fenomena normal yang selalu dan pasti Kita alami setiap harinya baik disadari maupun tanpa disadari, misalkan saat Kita sedang melamun, membaca buku, menonton TV, mendengarkan dan menikmati lagu favorit, saat sedang melakukan perjalanan ke suatu tempat, berbicara dengan seseorang, atau mendengarkan cerita teman, dan lain sebagainya.

Definisi atau pengertian dari HIPNOTIS itu sendiri adalah sebuah seni atau teknik komunikasi verbal maupun non verbal yang disampaikan secara persuasif dan ditujukan untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar seseorang, sehingga secara otomatis akan menimbulkan sebuah respon pemikiran dan tindakan tertentu. Hipnotis sama sekali tidak melibatkan unsur-unsur magic, mistik, supranatural, atau sesuatu yang ghoib ataupun klenik.


Mempelajari hipnotis tidak membutuhkan pengisian, pembukaan chakra, attunement, atau ritual apapun yang mengikat dan lama seperti ritual puasa, meditasi, dsb.

Juga Hipnotis tidak bertentangan dengan Agama manapun atau dengan kata lain Hipnotis adalah  ilmu universal, bisa dipelajari oleh siapapun tanpa memandang suku budaya, ras, atau agama tertentu.

Hipnotis 100% ilmiah, murni teknik dan skill komunikasi. Dikatakan ilmiah karena hipnotis merupakan ilmu pengetahuan yang bisa diterima oleh akal logika kita, dan dikarenakan ilmu ini sama halnya dengan ilmu pengetahuan lainnya seperti halnya matematika, kimia, biologi, dsb. Dan lebih tepatnya Hipnotis dapat dikategorikan bagian dari cabang ilmu Psikologi.

No comments