Manfaat dan bahaya dari minum Kopi

Share:



Manfaat dan bahaya dari minum Kopi - Sudah diketahui bahwa kopi memang sudah menjadi salah satu minuman favorit bagi kebanyakan orang, dan mungkin diantara kita tidak banyak yang mengetahui segala manfaat dan bahayanya dari minum Kopi selain minum Kopi dapat menghilangkan rasa mengantuk dan lelah. Menurut penelitian, di dalam kandungan Kopi terdapat sejenis senyawa kimia yang meliputi kafein, teofilin, dan teobromin dalam coklat. Dan Kafein ternyata dapat menimbulkan efek rangsangan terhadap susunan saraf otak, sistem pernafasan, serta sistem pembuluh darah dan jantung, dan tidak heran bahwa setiap minum kopi dalam jumlah yang wajar, yaitu sekitar 1 sampai 3 cangkir sehari, akan membuat tubuh menjadi fresh dan bersemangat, bergairah, memicu kreatifitas dan daya pikir yang cepat, serta membuat tubuh tidak mudah lelah bahkan mengantuk. Dari berbagai dampak positif meminum kopi ini menyebabkan seseorang sulit terlepas dari kebiasaan minum kopi.

Baca Juga




Tanda-tanda seseorang apabila sudah ketergantungan meminum kopi diantaranya munculnya perasaan lelah dan letih dalam tubuh, menjadi tidak bersemangat dan muncul rasa ngantuk, kepala menjadi berat bahkan terasa pusing apabila seharian tidak minum kopi, dan beberapa gejala tubuh lainnya yang dirasakan apabila kebiasaan minum kopi tidak dilakukannya.

Berikut bahaya yang didapatkan dari kebiasaan minum Kopi, meliputi :




  • Jika Anda merupakan seorang yang menderita Hipertensi atau tekanan darah tinggi, sebaiknya kurangi aktifitas meminum kopi, karena kandungan kafein yang ada pada kopi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dengan cepat.
  • Kebiasaan meminum Kopi lebih dari 4-5 cangkir per hari bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti jantung berdebar-debar, insomnia atau gangguan sulit tidur, rasa gelisah yang berlebihan, mual-mual, bisa menyebabkan perasaan gugup, dsb.
  • Seorang wanita yang meminum kopi berlebihan dapat mengurangi tingkat kesuburan.
  • Kebiasaan minum Kopi panas dapat pula memberikan kerusakan pada sel dalam mulut dan tenggorokan, bahkan jika terus menerus menjadi kebiasaan, maka bisa memicu tumbuhnya sel kanker pada area mulut dan tenggorokan.


Sedangkan kebiasaan meminum Kopi juga memberi manfaat bagi tubuh, selain yang sudah Saya singgung di atas, meliputi :

  • Kebiasaan minum Kopi membuat kwalitas sperma menjadi meningkat cepat, sehingga juga meningkatkan kesuburan pria.
  • Seorang wanita yang minum kopi maksimal 2 cangkir per hari dapat mengurangi resiko terkena osteoporosis.
  • Kandungan kafein mampu meningkatkan perasaan senang, energik, dan membuat tubuh menjadi fresh.
  • Meminum Kopi yang masih panas dengan cara menyeruput pelan-pelan juga mampu menghilangkan sakit kepala dan rasa mual (namun jangan menjadi kebiasaan).
  • Kandungan kafein juga sangat ampuh untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang, biasanya kebiasaan meminum kopi menjadi selingan bagi mereka yang perokok.
Sebenarnya masih banyak berbagai manfaat positif lainnya yang bisa didapat dari kebiasaan minum Kopi secara teratur. Dan juga masih banyak dampak negatif yang ditimbulkan akibat meminum kopi secara berlebihan atau tidak teratur.


Minumlah Kopi secara teratur, dan waktu yang paling baik untuk minum Kopi adalah pada waktu siang hari, sekitar jam 12 siang sampai jam 2 siang. Dikarenakan pada jam tersebut tubuh dan pikiran menjadi lelah letih, apalagi bagi Anda yang sedang bekerja, pada jam tersebut adalah jam istirahat, maka manfaatkanlan untuk meminum secangkir Kopi untuk memulihkan stamina tubuh, dan membuat tubuh menjadi bersemangat dan fresh, juga dapat menghilangkan rasa ngantuk. Selain itu meminum Kopi siang hari juga bisa meningkatkan kreatifitas dan insting.

No comments