Modus Penipuan Berkedok Pesan Makanan ke Panti Asuhan

Share:

Modus Penipuan Berkedok Pesan Makanan ke Panti Asuhan - Belum lama kemarin BAGUSVIDDY.net baru saja membongkar perihal "Penipuan" dan kali ini saya juga ingin membahas modus Penipuan lainnya yang saya rasa ini masih Baru bagi saya. Kejadian ini "hampir" menimpa Istri saya, kebetulan Istri saya memiliki Usaha Kuliner jajanan Bandung, kemarin malam tanggal 26 November 2021 istri saya mendapatkan Chat WA yang berisikan mau Order Seblak 30 Porsi untuk acara di panti Asuhan.

Dari WA tersebut istri saya baru sempat membalasnya pagi hari, langsung saja sama istri saya direspon dan dikirimkan menu-menu dari SEBLAK CIAMIK milik istri saya. Dari situ belum ada respon, dan saya suruh untuk membayarnya dimuka, entah via transfer atau datang langsung.

Dan tidak lama kemudian ada respon dari si pelaku

Dan gak tanggung-tanggung si pelaku memesan menu Seblak yang paling mahal ditempat kami seharga 25K, bayangkan saja tidak senang bagaimana dapat orderan banyak dan yang dipesan adalah yang paling mahal.... kwkwkwkwkkw....

Dari pemikiran Positif kami ya jelas ini Rezeki nomplok, Alhamdulillah... Namun dari sisi Negatif Thinking kami, jangan-jangan ini penipuan!!!! Sebelumnya memang sudah kami cek di salah satu Aplikasi yang bisa mengidentifikasi nama dari pemilik nomor tersebut. Nama Aplikasinya adalah GetContact yang bisa kalian download di Playstore (untuk Android), kalau selain android silahkan cari sendiri nama aplikasinya... Aplikasi ini memang sangat menolong sekali....

Dari Aplikasi tersebut sudah terlihat siapa pemilik nomor tersebut, ternyata mayoritas namanya adalah si Penipu, ada yang nipu pesan nasi goreng, pesan bakso, dsb... Yang menurut saya modusnya jelas sama, yaitu sama-sama memesan makanan untuk Panti Asuhan dalam jumlah banyak.

Sampai disitu yang ketahuan bahwa ini Penipuan, jelas langsung kami kerjain dengan meladeni chat tersebut, mulai dari kirim rekening, dan meresponnya lebih lanjut lagi sesuai permainannya.

Beberapa saat kemudian si Pelaku mengirimkan Bukti Transfernya senilai 950K ke rekening saya, namanya sekarang serba canggih, ada uang masuk kita akan langsung tau dan mendapat notifikasi atau bisa cek langsung melalui HP. Sampai situ jelas langsung saya cek, ternyata benar, belum ada uang masuk ke rekening saya. Dari slip Transfer tersebut mungkin bagi orang awam akan percaya kalau itu benar bukti transfernya, karena ngeditnya sangat halus sekali.
Dan setelah si pelaku mengirimkan bukti transfer, dia mengirimkan lagi berupa video yang menunjukkan bukti transfer tadi.


Dari video tersebut ngapai si pelaku membolak balik sisi slip transfer tersebut!!! Mungkin si pelaku mengira kalau menunjukkan sisi belakang slip transfer yang ada logonya bank mungkin akan percaya dan sangat percaya kalau itu asli. Jelas dan sangat ketahuan sekali penipuannya, kalau benar-benar gak nipu si pelaku cukup ngirim foto saja seperti transaksi normal pada umumnya, dan gak perlu ngirim video yang membolak balikkan bukti transfer tadi.

Namun sampai situ kenapa si pelaku ngirim 950K, padahal tadi adalah 750K, gak lama si pelaku ngirim chat sambungan lagi...


Ternyata yang 200K disuruh untuk mengisikan Pulsa dari pengurus Panti Asuhan, yang bernama Pak Danu.


Dari percakapan tersebut sudah jelas berarti Modus penipuannya yang utamanya adalah "MINTA PULSA" dengan kedok pesan makanan untuk Panti Asuhan. Istri saya langsung membalasnya dengan pesan suara bahwa setelah di cek tidak ada transferan masuk senilai 950K, lagi pula saya tak habis pikir, padahal kan si pelaku ke ATM, kenapa gak ngisikan sendiri pulsa dari pengurus panti tersebut, kenapa kok menyuruh kami yang mengisikan.

Tapi Alhamdulillah, Allah telah mengganti dan mengobati rasa kecewa istri saya, dimana tak lama setelah chat dari si Penipu tersebut Istri saya mendapatkan Orderan Beneran dari pelanggan Seblak kami sejumlah 20 Porsi Seblak untuk Anak-anak Pondok. Alhamdulillah...

Dari kejadian diatas, saya menyarankan untuk siapapun juga agar segera menginstal Aplikasi yang sudah saya sebutkan tadi, dan harap berhati-hati terhadap segala modus penipuan yang ada, jangan mudah percaya kepada siapapun. Untuk Anda yang memiliki usaha Kuliner atau apapun itu, jika mendapat pesanan dalam jumlah banyak, harap untuk meminta DP 50% atau Bayar di Muka, bukannya apa-apa, namun jika hal ini terjadi pada anda, maka anda tidak akan rugi dan merasa tertipu.

Jadi sekali lagi tetap waspada dan berhati-hati. Coba tadi bisa anda bayangkan jika ada orang yang benar-benar awam dan gaptek, mungkin bisa saja kena 2 modus penipuan, walaupun yang utama adalah minta pulsa, bisa jadi anda sudah benar-benar membuatkan pesanan tersebut, dan benar-benar mengisikan pulsa ke nomor si penipu tadi. Berapa kerugian yang akan anda alami...

Semoga ulasan saya tentang "Modus Penipuan Berkedok Pesan Makanan ke Panti Asuhan" bisa memberikan informasi dan membagikan pengalaman kami ke masyarakan agar tidak menjadi korban penipuan ini bahkan penipuan dengan modus lainnya.

No comments